Ads 468x60px

Labels

Minggu, 08 Desember 2013

Tips Mengatasi Sulit Tidur


Susah tidur merupakan hal yang sangat mengganggu pada kesehatan kita ,saya sendiri juga sama halnya dengan anda yang mengalami susah tidur pada malam hari, dan saya berusaha untuk mengatasi hal ini berbagai cara sudah di coba,dan alhamdulillah saya praktekkan dan berhasil.
Kali ini saya akan mencoba berbagi tips kepada anda cara mengatasi susah tidur secara alami yang bisa dipraktekkan di rumah. Agar aktivitas tidur anda menjadi lebih teratur. Di bawah ini beberapa tips yang dapat membantu anda mengatasi serta memperbaiki pola tidur menjadi lebih sehat. :


1.      Melakukan Aktivitas yang menyehatkan
Sebisa mungkin meluangkan waktu untuk beraktivitas yang menyehatkan seperti berolahraga di siang hari. Menurut Chris Kline, PhD, ilmuwan dari Fakultas Kedokteran University of Pittsburgh yang mempelajari efek olahraga terhadap tidur, melakukan latihan fisik bahkan dalam porsi moderat ditambah dua sesi latihan otot terbukti dapat memperbaiki kesulitan tidur. Olahraga dapat mengurangi tingkat kecemasan dan depresi serta membantu mengatur suhu pada tubuh kita.


2.      Menurunkan Intensitas Cahaya
Membiasakan untuk menurunkan intensitas cahaya pada kamar Anda atau bisa tanpa memakai lampu. Menurut Michael Terman, PhD, peneliti cahaya dan ritme biologis dari Columbia University Medical Center, mematikan lampu kamar merupakan upaya memberikan sinyal kepada tubuh bahwa waktu tidur sudah tiba.

Jenis bola lampu juga dapat memengaruhi mudah tidaknya seseorang untuk tertidur. Cahaya putih yang dingin dan terang seperti lampu neon yang berisi komponen biru yang signifikan, adalah jenis cahaya yang mungkin mengganggu waktu tidur. "Cahaya biru, lebih daripada warna lain dalam spektrum cahaya, dapat menekan tubuh melepaskan melatonin, hormon yang membuat kita mudah mengantuk".


3.      Jangan Suka Berkhayal
Salah satu penyebab susah tidur yaitu otak kita yang selalu berpikir terus menerus tanpa henti ketika kita sedang berbaring.Oleh karena itu biasakan diri anda untuk tidak berkhayal atau berpikir disaat sedang berbaring,Apabila waktunya untuk tidur  hentikan segala pemikiran yang ada.

4.      Hindari meminum air yang mengandung kafein
Meminum air yang mengandung kafein akan merangsang otak dan sistem saraf lainnya, sehingga membuat anda untuk susah tidur pada waktu malam hari,dan juga hindari memakan makanan yang berat, seperti makan malam  kurang lebih 1- 3 jam sebelum tidur.

Sampai disini dulu tips kesehetan Cara Mengatasi Insomnia/Susah tidur di Malam Hari semoga bisa bermanfaat bagi anda. Lakukanlah tips-tips diatas secara teratur , semoga dapat mengurangi kebiasaan sulit tidur anda,dan tanamkan niat untuk melakukan perubahan pada diri anda. 

Terima kasih atas kunjungan anda, semoga artikel ini bisa bermanfat dan anda tidak bosan untuk mengunjungi artikel ini.  

Label: Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Kritik dan saran

Nama

Email *

Pesan *

 
Blogger Templates